1 Miliar pengguna Android rentan terhadap bug baru

1 Miliar pengguna Android rentan terhadap bug baru
Robot Virus Android
Pengguna ponsel Android sekali lagi rentan terhadap hacker melalui virus baru, Digital Spy melaporkan. Awal tahun ini, bug Stagefright menempatkan ponsel berisiko dengan mengirimkan pesan MMS, tapi versi baru ini memungkinkan hacker untuk mengambil alih smartphone melalui MP3 atau MP4 video.

Mark James, spesialis keamanan di ESET, mengatakan kepada The Guardian: "Mengunjungi situs web dan melihat pratinjau lagu atau file video yang terinfeksi dapat memungkinkan penyerang untuk mendapatkan akses ke perangkat mobile Anda dan menjalankan kode jauh, dalam teori yang memungkinkan mereka akses penuh ke perangkat Anda memungkinkan mereka untuk melakukan apapun yang mereka inginkan, termasuk menginstal malware lainnya, atau hanya panen data Anda untuk digunakan dalam pencurian identitas. "


Lubang keamanan terletak dalam sistem pengolahan media Android, yang bila dikombinasikan dengan file audio MP3 atau MP4 disadap video, memungkinkan hacker untuk mengakses seluruh smartphone.


"Versi pertama dari Stagefright diperlukan beberapa informasi, yaitu nomor ponsel Anda untuk dapat mengirim pesan teks ke perangkat Anda," James menjelaskan.


"Versi baru ini bahkan tidak perlu tahu informasi Anda untuk menjadi sukses. Ini, dalam teori, memungkinkan pengguna  yang lebih luas dan memang bisa memungkinkan akses ke lebih dari 1 miliar perangkat Android."


Kembali pada bulan Agustus, Samsung, LG dan Google mengumumkan "Update terbesar yang pernah pembaruan keamanan" dalam pertempuran melawan bug Stagefright pertama.


Pengguna Android dapat memeriksa apakah mereka dilindungi terhadap kerentanan dengan men-download Stagefright Detector App dari Google Play.

0 Response to "1 Miliar pengguna Android rentan terhadap bug baru"